Welcome to our website !

Yuk Jadi Trainer YPBB!!!

By 12:45 PM , , , , , , ,


Menjadi Trainer YPBB…
______________________________________________________________________________________
YPBB percaya bahwa upaya penyelamatan lingkungan dan keberlanjutan bumi bisa berhasil bila seluas-luasnya masyarakat ikut terlibat. Untuk itu, YPBB berusaha untuk mengembangkan upaya-upaya untuk melibatkan masyarakat seluas-luasnya.
Pelatihan-pelatihan adalah upaya strategis YPBB dalam mengusung kampanye pola hidup organis. YPBB membuka ruang agar masyarakat dapat mengambil peran utama dalam pelatihan-pelatihan tersebut melalui Program Trainer YPBB. Lewat progam ini, Anda menjadi basis kampanye YPBB yang memiliki standar kualitas tinggi. YPBB akan mengurus berbagai hal agar Anda bisa fokus pada peran utama Anda sebagai trainer. YPBB menata panggungnya, Anda yang jadi bintangnya..


Bagaimana Anda bisa mengambil peran..?
Bila menjadi seorang trainer bisa menjadi jalan untuk menularkan kepedulian Anda kepada orang lain, maka Anda mungkin orang yang tepat untuk mengambil peran ini. Anda memiliki modal awal untuk membuat peran Anda sebagai trainer menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bermakna bagi hidup Anda.
Perlu waktu untuk menjadi seorang trainer. Tapi tidak sebanyak yang Anda bayangkan. Hanya butuh sebagian dari waktu luang Anda. Sebagai gambaran, satu kali pelatihan membutuhkan sekitar 3 hingga 5 jam. Selama itulah waktu luang yang Anda butuhkan untuk menjadi trainer YPBB.
YPBB mengembangkan berbagai sistem agar Anda bisa fokus pada peran utama Anda sebagai trainer, sehingga sebagian waktu luang Anda itu bisa memberikan kontribusi yang optimal pada kampanye gaya hidup organis, dan upaya untuk mewujudkan dunia yang zero waste.


Anda pasti bisa jadi trainer YPBB, kalau…
1.       Punya kepedulian tentang lingkungan, khususnya isu sampah.
2.       Suka berbagi pengalaman dan pengetahuan pada orang lain.
3.       Punya kemampuan dasar public speaking (ngga mudah demam panggung).
4.       Pernah ikut Pelatihan ZWL YPBB.
5.       Punya waktu luang yang ingin digunakan.
6.       Berdomisili di Bandung minimal untuk 1,5 tahun ke depan.
Proses Yang Akan Anda Ikuti Untuk Menjadi Trainer..
YPBB mengembangkan sistem fasilitasi yang menyeluruh untuk membantu Anda melihat dan merasakan langsung, bagaimana menjadi seorang trainer YPBB. Berdasarkan pengalaman itu, Anda bisa memutuskan, apakah menjaditrainer adalah sesuatu yang menyenangkan, efektif, dan bermakna bagi Anda, atau tidak.
YPBB akan menyediakan media bagi Anda untuk mengenal program ini dan mengenali potensi diri Anda sendiri sebagai seorang calon trainer. Setelah memutuskan untuk menjadi seorang calon trainer, Anda akan mengikuti ToT (training of trainers) untuk memahami materi pelatihan, berlatih menjadi fasilitator, dan mengenal berbagai peran dalam Tim Trainer (pencatat proses, trainer dan co-trainer). Proses kemudian diteruskan dengan proses magang, di mana Anda merasakan langsung setiap peranan dalam Tim Trainer.
Untuk semua proses itu, Anda mungkin perlu menyediakan waktu sekitar 5 – 7 jam per bulan. Waktu tersebut meliputi berbagai waktu untuk persiapan pelatihan dan evaluasi. Untuk proses ToT, karena prosesnya cukup panjang, maka dibutuhkan waktu dua hari berturut-turut di akhir pekan (pilihannya antara tanggal 22 dan 23 Oktober 2016 atau 29 dan 30 Oktober 2016, di Jalan Jalak No. 20 Bandung). Waktu fix ToT akan diumumkan kemudian, berdasarkan pilihan terbanyak dari pendaftar.


Jadi..?


Untuk menjadi bagian dari dunia yang zero waste sebagai trainer YPBB, Anda hanya tinggal mengisi:
  1. test kepribadian bisa di download di sini. Form yang sudah diisi silakan dikirimkan kembali ke email trainer@ypbb.or.id


Keduanya silakan dikumpulkan sebelum hari Sabtu 15 Oktober 2016 jam 17:00 WIB.
Batas maksimal peserta pelatihan hanya 20 orang. Pengumuman peserta yang terpilih akan diinformasikan pada Selasa 18 Oktober 2016 maksimal jam 12:00 WIB melalui email.


Pertanyaan lebih lanjut dapat diajukan ke alamat email trainer@ypbb.or.id, atau ke nomor telpon 0856-2480-5640​⁠ (Euis)
Keterangan lebih lanjut, dapat Anda dapatkan dalam dokumen Kerangka Program Trainer YPBB.



You Might Also Like

0 komentar